Neneng Noeraeni Aprianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

Kenal QAR, Baca Jadi No Worries

Masih banyak siswa yang sulit memahami isi bacaan, apalagi bacaan tersebut terdiri dari beberapa paragraph yang panjang. Jangankan untuk memahami bacaan, mengajak siswa untuk membaca saja masih terbilang sulit. Jadi bagaimana membaca bisa menjadi hobi?. Padahal, dalam soal ujian bahasa Indonesia dan bahasa inggris sering dijumpai teks bacaan yang panjang. Oleh sebab itu, kita harus menentukan strategi yang tepat untuk merangsang siswa membaca dan mempermudah mereka dalam memahami isi bacaan. Raphael Taffy memperkenalkan strategi QAR (Question Answer Relationship) yaitu strategi memahami bacaan dengan bantuan pertanyaan. Pertanyaan – pertanyaan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu, in the book dan in my head.

Pertanyaan yang masuk dalam kategori in the book contohnya pertanyaan yang menggunakan kata tanya; siapa, dimana, kapan, berapa banyak, dan kenapa, dimana jawaban dari pertanyaan tersebut dapat ditemukan langsung di dalam teks. Sedangkan, In my head ditujukan untuk mencari informasi tersirat, contohnya pertanyaan yang menggunakan kata tanya bagaimana dan pertanyaan menanyakan pendapat yang tentu saja memerlukan pengetahuan siswa untuk menjawabnya, namun tetap merujuk pada isi teks bacaan.

Proses pembelajaran dengan menerapkan strategy QAR pun terbilang sederhana, yaitu dapat dilakukan sebagai berikut;

  • Guru mengenalkan terlebih dahulu strategi QAR kepada siswa.
  • Guru memberikan pertanyaan yang telah disiapkan sesuai teks bacaan.
  • Siswa diberi arahan untuk mengenal dan mengkategorikan pertanyaan – pertanyaan tersebut.
  • Siswa diberi arahan untuk menjawab pertanyaan.

Jika siswa sudah dapat mengenal strategi QAR dengan baik, maka siswa dapat menerapkannya di setiap kegiatan membacanya baik di rumah maupun di sekolah, sehingga siswa tidak butuh waktu lama untuk memahami isi bacaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah..Terima kasih bu Raihana Rasyid..

02 Aug
Balas

Mantafffff....bu guru. Jazakumullah khoiron katsiro untuk ilmu yang bermanfaat ini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bu guru.

02 Aug
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali